situ patenggang ciwidey bandung

Situ Patenggang Ciwidey Bandung selatan

Rate this post

Situ Patenggang Ciwidey – Situ Patenggang adalah Salah satu tempat yang menarik yang bisa sahabat kunjungi ketika sahabat sedang ada di Bandung. Situ Patenggang ialah salah satu danau alami yang terletak di Kawasan Situ Patenggang. ciwidey adalah kawasan wisata yang berada di Bandung kawasan ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan baik wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Lokasi wisata situ patenggang ini cukup berdekatan dengan beberapa tempat wisata yang ada dan cukup terkenal di ciwidey seperti: tempat wisata Kawah Putih, Penisi Resto, Glamping Lakeside Rancabali, dan juga tempat wisata Ranca Upas.

Situ Patenggang Ciwidey Batu Cinta

Batu Cinta Selalu menjadi tempat wisata favorit bagi kalangan kaum muda mudi, ciri khas ini mampu memikat para pengunjung yang datang. Disini sahabat bisa jalan jalan mengelilingi danau dengan menggunakan perahu yang telah desidiakan, dan mendarat di sebuah tempay yang bernama “Batu Cinta Situ Patenggang. Batu ini diyakini oleh masyarakat sekitar tempat, karena dulunya tempat ini bertemunya dua kekasih yang menjadi sejarah Situ Patenggang, dia orang tersebut ialah Kian Santang dan Dewi Rengganis.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey
KATEGORI
WEEKDAY
WEEKEND 
Wisatawan Lokal 18.000 20.500
Turis Asing 135.000 185.000
Roda Dua 3.500 3.500
Roda Empat 11.500 11.500
Bis / Truk 22.500 22.500
Jam Buka:

Wisata Situ Patenggang ini buka setiap hari,  mulai dari hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Sejarah Situ Patenggang

Situ Patenggang yang juga memiliki sejarah cerita tersendiri, sejarah cerita tersebut beredar dari mulut ke mulut masyarakat sekitar, Patenggang berasal dari suku kata “pateangan-teangan”.Didalam Bahasa Sunda, suku kata tersebut memiliki arti yaitu saling mencari,  sedangkan untuk asri dari situ ialah danau, lalu Kemudian dari dua kata tersebut di satukan lalu terbentuklah nama Situ Patenggang, suatu situ yang terkenal sampai saat ini.

Zaman Kerajaan Majapahit 

Menurut dari cerita dari beberapa sumber pada zaman Kerajaan Majapahit duhulu hiduplah sepasang kekasih kawasan situ patenggang, dan keduanya saling mencintai satu sama lain. keduanya memiliki nama Raden Indra Jaya atau dikenal dengan nama Ki Santang yang mana beliau adalah keponakan dari  Raja Pajajaran atau lebih dikenal dengan nama Prabu Siliwangi. Lalu Sang wanita beliau adalah seorang putri dari Kerajaan Majapahit, yang bernama Dewi Rengganis. Menurut dari cerita/sejarah kisah cinta inilah awal muda dari sejarah Situ Patenggang. Tapi sayang dari Kisah cinta yang manis tersebut harus di pisahkan karena adanya Peperangan antara Kerajaan Pajajaran dan kerajaan Majapahit.

Kekuatan Cinta

situ patenggang – Akan tetapi benar adanya kekuatan cinta memang sulit di lawan, disini terbukti keberhasilan dari kedua kekasih yang mana mereka mampu bertemu kembali. Sepasang kekasih tersebut bertemu di sebuah tempat yang berada di Bandung Selatan yang saat ini dikenal dengan sebutan Batu Cinta Situ Patenggang. Setelah kedua’nya saling bertemu lalu Dewi Rengganis memberikan satu permintaan kepada Kian Santang, permintaan tersebut ialah ia ingin dibuatkan sebuah perahu. Dewi Rengganis sangat menginginkan berlayar dengan  sang pujaan hati menggunakan perahu tersebut. Dan menurut kabar disaat kapal tersebut berlayar lalu berubah menjadi pulau yang berbentuk hati yang di beri nama dengan Pulau Asmara. Akan tetapi ada juga yang menyebut pulau tersebut dengan sebuta Pulau Sasaka.

Mitos Batu Cinta

Dari mitos situ patenggang yang beredar,  Apabila sepasang kekasih mengunjungi Batu Cinta tersebut dan berlayar mengelilingi Pulau Asmara maka cintanya akan abadi, Layaknya kisah cinta antara Dewi Rengganis dan Ki Santang.  Percaya atau tidak itu menjadi hak pribadi dari setiap manusia, akan tetapi tidak ada salahnya jikalau sahabat mencoba datang di kawasan Wisata Situ Patenggang dan melihat langsung batu cinta tersebut. Sampai saat ini telah banyak wisatawan yang  datang dan berharap agar cinta yang kekal seperti mitos Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Wisata Bandung Selatan

Kami Juga Hadir Didiberapa Kota Besar Di Indonesia Seperti

Rental Mobil Bandung Juga Hadir Di:

  1. Rental Mobil Bandung,
  2. Rental Mobil Jakarta
  3. Rental Mobil Bogor
  4. Rental Mobil Bekasi
  5. Rental Mobil Jogja, Rental Mobil Semaran
  6. Rental Mobil Kediri
  7. Rental Mobil Cirebon
  8. Rental Mobil Solo,Rental Mobil Malang
  9. Rental Mobil Surabaya
  10. Rental Mobil Banyuwangi
  11. Rental Mobil Bali
  12. Rental Mobil Lombok
  13. Rental Mobil Jember
  14. Rental Mobil Palembang
  15. Rental Mobil Padang
  16. Rental Mobil Pekanbaru
  17. Rental Mobil Medan
  18. Rental Mobil Makasar
  19. Rental Mobil Aceh
  20. Rental Mobil Tembilahan
  21. Rental Mobil Dumai
  22. Rental Mobil Ternate
  23. Rental Mobil Jambi
  24. Rental Mobil Batam
  25. Rental Mobil Lampung

Unit Kendaraan Rental Mobil Bandung

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Avanza Veloz
  3. Daihatsu Xenia
  4. Daihatsu Luxio
  5. Suzuki Apv
  6. Toyota Kijang Innova
  7. Toyota Innova Reborn
  8. Toyota Fortuner
  9. Toyota Alphard
  10. Mitsubishi Pajero
  11. Toyota Hiace Commuter
  12. Isuzu Elf

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Scroll to Top