kawah putih ciwdiey

Kawah Putih Ciwidey Adalah Salah Satu Destinasi Ter’Faforit

Rate this post

Kawah Putih Ciwidey Bandung – Kawah Putih adalah salah satu kawasan wisata yang berada ji jalur Ciwidey – Patengan.   Destinasi wisata kawah ini letaknya cukup berdekatan dengan berapa tempay wisata lain yang berada di ciwidey, seperti Ranca Upas, situ patenggang, hot spring ciwidey, penisi resto, Patuha Resort dan TWA Cimanggu.

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jawa Barat , daerah ini terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kawah putih ini berada di kaki Gunung Patuha destinasi wisata ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Destinasi wisata ini pertama kali di buka untuk wisatawan pada tahun 1987, dari dulu hingga sekarang wisata ini menjadi tujuan favorit para turis dan pelancong.  Siapa saja yang datang ketempat ini pasti akan terpana oleh suasananya yang indah, bersih dan romantic banget dah. disaat akhir pekan atau musim hari libur, tempat ini cukup banyak pengunjung, bahkan jalan menuju Kawasan ini ikut macet Panjang, belum lagi kalau ada mobil yang mogok akibat kelelahan.  Para wisatawan datang untuk mengunjungi kawasan ini hanya untuk menikmati keindahan alamnya yang eksotis dan romantis.

Fasilitas Yang Di Sediakan Kawah Putih Bandung

Karena tempat ini di jadikan tempat wisata unggulan, maka Kawah Putih menyediakan beberapa fasilitas yang sering kali dibutuhkan banyak orang.

Selain adanya tempat parkir yang luas, disini juga terdapat fasilitas-fasilitas pendukung lain seperti adanya warung makan dan restauran. Untuk itu disaat sahabat berada disini maka tidak perlu takut disaat sahabat sedang kelaparan. Selain warung makanan, disini juga ada tempat jual oleh-oleh khas Ciwidey, dan tersedia Juga Mushola dan Toilet.

Jam Buka Kawah Putih

Tempat wisata ini buka pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

KATEGORI
WEEKDAY
WEEKEND
Dewasa Rp 25.000 Rp 25.000
Anak ( Usia > 5 Thn ) Rp 25.000 Rp 25.000
WNA Rp 75.000 Rp 75.000
Untuk harga wisatawan lokal Rp.18.000/orang sedangkan untuk warga negara asing harga Rp.50.000/orang ( Weekday & Weekend ).
JENIS PARKIR
TARIF PARKIR
Parkir Atas Roda 4 Rp.150.000
Parkir Bawah Roda 2 Rp.3.000
Parkir Bawah Roda 4 Rp.6.000
Parkir Bawah Roda 6 Rp.25.000
Sejarah Singkat Kawah Putih

Kawasan Kawah Putih ini terbentuk dari adanya letusan dari Gunung Patuha.  Untuk hal ini ada yang menyebut bahwasanya letusan tersebut terjadi pada abad ke 10.  Itu semua hanyalah prediksi semata, dan bisa juga terjadi jauh lebih awal dari perkiraan tersebut. Awal mulanya, kawah ini disebut dengan kawah gunung Patuha, namun Kawasan ini berbentuk seperi danau. Karena memiliki air yang berwarna Putih maka disebutlah dengan sebutan kawah putih.

Asal Usul Nama Patuha

Mari kita sedikit membahas tentang asal usul dari nama Pahuha, untuk patuha sendiri berasal dari kata “Pak Tua”. Munurut dari bahasa Sunda, sedangkan tua memiliki makna atau arti sepuh. Maka dari itulah masyarakat setempat sering menyatakan Patuha sebagai Gunung Sepuh.

Menurut dari warga setempat,  “Patuha” bisa jadi dari perubahan dari kata “Patuka” yang memiliki arti lereng yang menurun atau tebing yang curam, dan bisa jadi berasal dari suku kata kata “Putha” yang memiliki makna api atau matahari. Atau bisa mungkin saja dari kata “Pathuwa”, berasal dari suku kata “huwa” yang memiliki arti suara keras. Dengan secara sederhana “Pathuwa” dapat di artikan api yang bergemuruh.

Untuk nama Patuha juga ada pada Naskah Kuno, yang mana naskah itu ditulis oleh Bujangga Manik di abad XV. Dijelaskan bahwasanya di Gunung Patuha ada sebuah tempat suci yang biasa diziarahi yang biasa disebut dengan sebutan Mandala.

Daya Tarik Kawah Putih
Kawah Putih Yang Eksotis

Kawah Putih memiliki daya Tarik, dan daya Tarik yang di miliki mampu membuat orang yang datang selalu betah dengan keindahan’nya. Kawasan ini memiliki Panorama kawah yang indah dan memiliki air berwarna putih kehijauan di hiasi tak jarang Kawasan ini selalu di  hiasi kabut tipis yang senantiasa turun berpadu dengan keindahan alam, dengan adanya  pepohonan khas di kawah membawa nuansa romantis ya Romantis. Teutu tidak heran jikalau tempat ini  selalu di jadikan tempat favorit untuk melakukan poto pre wedding dan foto foto lain.

Wisata Bandung Selatan

Kami Juga Hadir Didiberapa Kota Besar Di Indonesia Seperti

Rental Mobil Bandung Juga Hadir Di:

  1. Rental Mobil Bandung,
  2. Rental Mobil Jakarta
  3. Rental Mobil Bogor
  4. Rental Mobil Bekasi
  5. Rental Mobil Jogja, Rental Mobil Semaran
  6. Rental Mobil Kediri
  7. Rental Mobil Cirebon
  8. Rental Mobil Solo,Rental Mobil Malang
  9. Rental Mobil Surabaya
  10. Rental Mobil Banyuwangi
  11. Rental Mobil Bali
  12. Rental Mobil Lombok
  13. Rental Mobil Jember
  14. Rental Mobil Palembang
  15. Rental Mobil Padang
  16. Rental Mobil Pekanbaru
  17. Rental Mobil Medan
  18. Rental Mobil Makasar
  19. Rental Mobil Aceh
  20. Rental Mobil Tembilahan
  21. Rental Mobil Dumai
  22. Rental Mobil Ternate
  23. Rental Mobil Jambi
  24. Rental Mobil Batam
  25. Rental Mobil Lampung

Unit Kendaraan Rental Mobil Bandung

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Avanza Veloz
  3. Daihatsu Xenia
  4. Daihatsu Luxio
  5. Suzuki Apv
  6. Toyota Kijang Innova
  7. Toyota Innova Reborn
  8. Toyota Fortuner
  9. Toyota Alphard
  10. Mitsubishi Pajero
  11. Toyota Hiace Commuter
  12. Isuzu Elf

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Scroll to Top