gunung tangkuban perahu

Gunung Tangkuban Perahu Lembang

Rate this post

Gunung Tangkuban Parahu – gunung tangkuban perahu yang berada diwilayah Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya berada di 20 km ke sebelah utara Kota Bandung, yang di kelilingi oleh rimbun’nya pohon pinus dan hamparan terdapat kebun teh di sekitarnya, dan untuk ketinggian Gunung Tangkuban Parahu mempunyai setinggi 2.084 meter.

Harga Tiket TWA Gunung Tangkuban Parahu
HTM WEEKDAY ( RP ) WEEKEND/LIBUR ( RP )
Pengunjung Nusantara 25.000 30.000
Pengunjung Mancanegara 200.000 300.000
Kendaraan Roda 2 (Motor) 12.000 12.000
Kendaraan Roda 4 (Mobil) 25.000 35.000
Kendaraan Roda 6 (Bus) 110.000 150.000
Sepeda 7.000 10.000
Jayagiri – Kawah Ratu (PP) 7.000 7.000
Foto Pernikahan 500.000 500.000
Shooting Video Individu/company 800.000 800.000
Shooting acara komersil 2.000.000 2.000.000
Gunung Tangkuban Perahu memiliki khas keindahan

Gunung Tangkuban Perahu mampu menawarkan pesona alam yang dimemiliki’nya dan menjadikan keindahan pemandangan alam benar benar di disuguhkannya kepada para pengunjung, hal ini pasti mampu menghipnotis siapa pun pengunjung yang datang.

Destinasi wisata yang memiliki pemandangan alam yang sangat cantik dan pastinya masih terjaga kealamia’nya. Disepanjang jalan naik ketasa terdapat banyak pepohonan yang besar seperti Hutan Pinus Rahong hal ini yang membuat suasana masih sangat asri serta udara disini memang sangat sejuk di siang hari.

Oleh hal itulah yang membuat objek wisata Tangkuban Perahu sampai saat ini selalu menjadi destinasi wisata utama dan terbilang sangat terfavorit para wisatawan, khususnya warga ibukota Jakarta, anak anak, dan mancanegara.

Gunung Tangkuban Perahu – Singkat Sejarah

Pertemuan anak dan ibunya yang telah sekian lama terpisah karena sang anak pernah diusir sang ibu saat masih kecil, yang di akibatkan saat anak sedang berburu, dia menembak sang ayah yang menjelma anjing.

Pada saat umur Sangkuriang telah beranjak dewasa, dan ibunya dayang sumbi meski sudah tua akan tetapi ibunya ini masih nampak terlihat cantik dan awet muda. Karena lamanya perpisahan itulah, sangkuriang dan dayang sumbi tidak bisa saling mengenali  antara satu dengan yang lainnya, dari sejak pertemuan itulah mulai tumbuh rasa suka diantara sang anak dan ibunya.

Karena sang anak sangkuriang yang tidak mengenali bahwasanya Dayang Sumbi ialah ibunya, hal inilah yang menyebabkan sangkuriang pun akhirnya jatuh cinta kepadanya dan sangkuriang berniat untuk melamar dan menikahi ibunya sendiri. Akan tetapi Allah memiliki kehendak lain, pada saat keduanya sudah semangkin dekat, pada suatau hari tanpa tidak sengaja sang Dayang Sumbi melihat tanda lahir diatas kepala Sangkuriang, dan ia pun sontak tersadar bahwa pria yang selama telah menjalin hubungan asmara dengannya yaitu Sangkuriang, tidak lain dia adalah anaknya sendiri yang telah lama hilang.

Gunung Tangkuban Perahu – Syarat Pernikahan

Pada suatu hari sang IBU dayang sumbi pun menjelaskan tentang tanda yang ada di atas kepala sangkuriang dan menjelaskan akan kebenaran bahwa sangkuriang adalah anaknya. Tapi sayang sang anak sangkuriang tidak menerima semua penjelasan dari ibunya tersebut, dan justru sangkuriang semakin keras kepala tidak mempercayai tentang cerita dari ibunya dayang sumbi begitu saja. Tibalah  saatnya, sang ibu Dayang Sumbi memberi syarat kepada Sangkuriang jikalau kamu masih bersikukuh untuk melamar dan menikahi maka buatkanlah aku perahu besar, yang harus diselesaikan dalam waktu satu malam saja.

Dengan sepenuh hati dan tenaga, Sangkuriang berusaha sekuat tenanga agar bisa menyelesaikan permintaan membuat perahu yang dibuatnya dalam waktu semalam saja. Disisi lain sang ibu memiliki rencana lain untuk menggagalkan usaha dari sangkuriang tersebut. Lalu sang ibu dayang sumbi membangunkan ayam mengenakan kain yang telah di beri penerangan cahaya sehingga ayam itu mengira bahwasanya hari sudah memasuki pagi hari, dan ayam pun pada berkokok meski waktu sebenarnya masih tengah malam. Semua kuasa Allah yang telah mengatur sedemikian baiknya agar tidak pernah terjadi sang anak bisa menikahi ibu kandungnya sendiri.

sangkuriang menjadi sangat marah dibuatnya, karena kerja kerasnya telah gagal.dan oleh sebab itulah, ia pun dengan perasaan marah lalu menendang perahu yang belum sempat selesai hingga terbalik dan jadilah sebuah gunung. Dari kisah tesebutlah awal mula cerita Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi, kemudian hal ini dipercaya sebagai awal mula adanya gunung Tangkuban Perahu

Baca Juga Wisata Bandung Selatan
Baca Juga Wisata Bandung Barat

Kami Juga Hadir Didiberapa Kota Besar Di Indonesia Seperti

Rental Mobil Bandung Juga Hadir Di:

  1. Rental Mobil Bandung,
  2. Rental Mobil Jakarta
  3. Rental Mobil Bogor
  4. Rental Mobil Bekasi
  5. Rental Mobil Jogja, Rental Mobil Semaran
  6. Rental Mobil Kediri
  7. Rental Mobil Cirebon
  8. Rental Mobil Solo,Rental Mobil Malang
  9. Rental Mobil Surabaya
  10. Rental Mobil Banyuwangi
  11. Rental Mobil Bali
  12. Rental Mobil Lombok
  13. Rental Mobil Jember
  14. Rental Mobil Palembang
  15. Rental Mobil Padang
  16. Rental Mobil Pekanbaru
  17. Rental Mobil Medan
  18. Rental Mobil Makasar
  19. Rental Mobil Aceh
  20. Rental Mobil Tembilahan
  21. Rental Mobil Dumai
  22. Rental Mobil Ternate
  23. Rental Mobil Jambi
  24. Rental Mobil Batam
  25. Rental Mobil Lampung

Unit Kendaraan Rental Mobil Bandung

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Avanza Veloz
  3. Daihatsu Xenia
  4. Daihatsu Luxio
  5. Suzuki Apv
  6. Toyota Kijang Innova
  7. Toyota Innova Reborn
  8. Toyota Fortuner
  9. Toyota Alphard
  10. Mitsubishi Pajero
  11. Toyota Hiace Commuter
  12. Isuzu Elf

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Scroll to Top