gedung sate bandung

Gedung Sate Bandung

Rate this post

Gedung Sate – Gedung Sate ialah landmark kebanggaan masyarakat Jawa Barat dan tempat ini menjadi destinasi wisata terpopuler di Bandung. Bangunan Gedung Sate merupakan aset sejarah yang berfungsi sebagai kantor pemerintahan dan Kantor Gubernur Jawa Barat. Dari segi bangunannya memiliki khas dengan menara beratap dan  disusun menjadi ciri visual Propinsi Jawa Barat.

Sedangkan untuk bangunan ini Lebih dari 90 tahun, hingga saat ini Gedung Sate tetap berdiri kokoh di atas lahan seluas 27.000 m2. Untuk alamat Gedung ini berlokasi persis di jantung kota Bandung dan bangunan ini dibangun pada tanggal 27 Juli tahun1920 dengan sebutan Gouvernements Bedrijven.

Harga Tiket Masuk Gedung Sate

Bagi para Pengunjung yang menginginkan memasuk di gedung ini maka akan dikenakan biaya tiket cukup murah. Untuk harga tiket ini berlaku sama, baik itu untuk hari biasa ataupun di akhir pekan.

Harga tiket masuk
Selasa – Minggu Rp5.000
Aktivitas Wisata Dan Wahana

Selain sahabat bisa menikmati keunikan gedung, menara dan ornamen nya, disini sahabat juga dapat melihat keindahan Gedung Sate lengkap dengan taman yang luas. Destinasi wisata ini cukup banyak pada wisatawan yang berkunjung dan mereka datang berkali-kali karena mereka menyukai tempat wisata ini. Memang gedung ini menyimpan cerita sejarah para perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan negara kita tercinta.

Awal Pendirian

Gedung ini di sebut dengan nama Gouvernements Bedrijven atau GB oleh pemerintah Belanda pada jaman itu. Untuk bangunan ini Dirancang oleh sebuah tim ahli dari Belanda yang mana tim itu terdiri dari Ir. J. Gerber, dia adalah seorang arsitek muda ternama lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, dan Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks.

Sedangkan untuk Proses pembangunan di tangani oleh Gemeente van Bandoeng yang di ketuai oleh Kol. Pur. VL. pembangunan gegung ini melibatkan lebih kurang 2000 tenaga pekerja yang terdiri dari 150 orang ahli bongpay pengukir batu nisan dan pengukir kayu yang berkebangsaan China mereka berasal dari Konghu atau Kanton. Tidak hanya itu saja, dari2000 tenaga kerja itu juga terdiri dari tukang batu dan kuli aduk mereka merupakan warga kota Bandung pada saat itu.

Peletakan Batu Pertama

Peletakan batu 1 pada Gedung ini di lakukan oleh seseorang yang bernama Johanna Catherina cops beliau adalah seorang putri sulung dari Wali kota Bandung saat itu B. Coops dan Petronella Roelofsen, mewakili Gubernur Jendral Batavia J.P. Graaf van Limburg. Untuk Pembangunan Gedung Sate ini memakan waktu lebih kurang 4 tahun dan menghabiskan biaya sekitar 6 juta gulden. Ini’lah yang menjadi dasar untuk penentuan jumlah benda bulat yang di tusuk seperti tusuk sate di bagian puncak gedung. Ada beberapa versi menurut masyarakat Bandung mengenai  benda bulat yang di itusuk di puncak Gedung Sate. Menurur cerita Ada yang mengatakan bahwa benda bulat tersebut ialah sate, adapun jambu air dan melati yang berjumlah enam buah.

Fungsi gedung sate saat ini

Gedung Sate berlokasi di jalan Diponegoro No:22 Bandung, dan pada saat Gedung sate ini mempunyai fungsi sebagai kantor sentra pemerintah gubernur Jawa Barat. Akan tetapi, dengan seiring perkembangan gedung ini menjadi salah satu lokasi wisata paling popular di Bandung. Gedung Sate ini sangat ramai di kunjungi para pengunjung terutama pada saat akhir pekan. simpulan pekan lapangan yang ada tepat didepan gedung beralih fungsi menjadi lokasi Gasebu SunMor Activity atau pasar kaget. Banyak masyarakat bandung dan luar kota bandung yang hadir untuk berkunjung baik itu untuk berolah raga, bersantai, dan lainnya.

Mengapa disebut gedung sate?

karena dibagian atap  Gedung sate atau puncak gedung terdapat hiasan yang menyerupai tusuk sate yang memiliki 6 bulatan.

kenapa harus ada 6 bulatan di menaranya?

Jumlah 6 bulatan ini sebagai perlambang biaya pembangunan Gouvernemens Bedrijven, yaitu menghabiskan biaya 6 juta gulden (mata uang Belanda). Didalam gedung juga terdapat 6 tangga yang mana tangga tersebut bisa di naiki para pengunjung.

Siapa yang merancang gedung sate ini?

Dirancang oleh Ir. J. Gerber, dia adalah seorang arsitek muda yang ternama, dan dia juga lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, serta Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks.

Kapan gedung baru di bangun?

Indahnya Gedung Sate semakin di sempurnakan dengan adanya bangun Gedung yang Baru hasil dari karya arsitek Ir. Sudibyo pada tahun 1977. Untuk Gedung Baru ini mengambil sedikit gaya arsitektur yang telah di miliki oleh Gedung Sate

Bagai mana bandung saat melawan sekutu dan belanda?

Pada  tanggal 3 Desember tahun 1945, Belanda belum terima dengan kemerdekaan yang di raih bangsa Indonesia, merekapun menghimpun sejumlah kekuatan untuk merebut kembali sejumlah aset dari tangan Indonesia. Ya…Salah satu aset yang menjadi target adalah Gedung Sate. Belandajuga menunggangi pasukan sekutu dari Inggris, dan Belanda berusaha melancarkan serangan ke Gedung Sate yang di lindungi sejumlah pemuda Indonesia.

Pertempuran pun berlangsung lebih kurang dua jam, korban pun berjatuhan baik itu dari pihak pemuda Indonesia yang mempertahankan dan pihak lawan. Dari ke Tujuh pemuda Indonesia di ketahui tewas pada pertempuran tersebut. demi mengenang jasa mereka, pemerintah membuat sebuah tugu dari batu di halaman belakang Gedung Sate.

Alamat Gedung Sate

Landmark ini terletak di Jalan Diponegoro No. 22 Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. untuk datang ke gedung sate dapat di capai melalui jalan raya baik mengendarai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. sahabat juga menggunakan jasa rental mobil bandung,  angkutan umum dan bus.

Kami Juga Hadir Didiberapa Kota Besar Di Indonesia Seperti

Rental Mobil Bandung Juga Hadir Di:

  1. Rental Mobil Bandung,
  2. Rental Mobil Jakarta
  3. Rental Mobil Bogor
  4. Rental Mobil Bekasi
  5. Rental Mobil Jogja, Rental Mobil Semaran
  6. Rental Mobil Kediri
  7. Rental Mobil Cirebon
  8. Rental Mobil Solo,Rental Mobil Malang
  9. Rental Mobil Surabaya
  10. Rental Mobil Banyuwangi
  11. Rental Mobil Bali
  12. Rental Mobil Lombok
  13. Rental Mobil Jember
  14. Rental Mobil Palembang
  15. Rental Mobil Padang
  16. Rental Mobil Pekanbaru
  17. Rental Mobil Medan
  18. Rental Mobil Makasar
  19. Rental Mobil Aceh
  20. Rental Mobil Tembilahan
  21. Rental Mobil Dumai
  22. Rental Mobil Ternate
  23. Rental Mobil Jambi
  24. Rental Mobil Batam
  25. Rental Mobil Lampung

Unit Kendaraan Rental Mobil Bandung

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Avanza Veloz
  3. Daihatsu Xenia
  4. Daihatsu Luxio
  5. Suzuki Apv
  6. Toyota Kijang Innova
  7. Toyota Innova Reborn
  8. Toyota Fortuner
  9. Toyota Alphard
  10. Mitsubishi Pajero
  11. Toyota Hiace Commuter
  12. Isuzu Elf

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Scroll to Top