belajar bahasa arab online

Belajar Bahasa Arab

Arabic Learning Center
(Lembaga Kursus Belajar Bahasa Arab Online & Offline)

Prifat Bahasa Arab mulai dari nol Dengan Para Pengajar Terbaik

Kursus Bahasa Arab an tahsin Online & offline ( Saung Iqro) adalah salah satu dari pada unit pengembangan bahasa yang  kami kembangkan melalui dari dunia digital. tentunya di zaman modern yang serba digital ini kami berharap banyak yang mau belajar khususnya bahasa arab khususnya lagi bagi kita kaum muslimin muslimat yang setiap harinya tidak mungkin luput dari pada bahasa arab seperti ,sholat, dzikir,Dll.kita pastinya akan sulit berlaku khusu’ kalau kita belum paham arti dalam setiap bacaan maupun do’a-do’a yang terkandung dalam sholat ,oleh karenanya umat muslim minimal harus mengerti arti dari pada bacaan maupun do’a-do’a yang ada dalam sholat dengan harapan sholat kita akan bisa lebih khusyu’ dalam menjalankan ibadah sholat.

Kami Tim saung Iqro sudah mempunyai program baca tulis ,tahsin,tahfidz al-qur’an yang sudah berjalan hampir 10 tahunan dan tidak berhenti disini, kami tim iqro menghadirkan kursus Bahasa Arab spesial untuk para akhy dan ukhty yang mempunyai himmah( kemauan yang kuat) dalam belajar bahasa arab tapi masih bingung mulai dari mana? belajar apa? dan belajar dimana?untuk ini kursus Bahasa Arab ini kami dirikan sebagai jembatan para akhy maupun ukty untuk bisa belajar bahasa arab secara langsung atau Online, tentunya dengan metode yang mudah serta efektif dalam segi waktu.

Para ulama pada jaman dulu pernah menegaskan bahwasanya, mereka memiliki keyakinan bahwasanya bangsa Arab lebih utama di banding dengan bangsa lain. Keyakinan ini termasuk bagian dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang benar benar mencintai bahasa arab.

Maka, didalam hal ini tidak benar jikalau orang Islam memiliki pandangan atau keyakinan yang mana mereka merendahkan bangsa Arab. Karena cukup jelas tentang hal yang telah disampaikan Nabi dan di pertegas oleh para ulama tentang keutamaan bangsa Arab.

Menurut dari Salman al Farisi, seorang sahabat dari bangsa Persia, yang memberikan contoh bagai mana dirinya lebih mengutamakan bangsa Arab dibanding bangsanya sendiri. dan beliau mengatakan : Kami lebih mengutamakan kalian, wahai bangsa Arab, dikarenakan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam juga mengutamakan kalian.” (Iqtidha’ ash-Shirat al-Musaqim, 1/444)

Hal-hal yang perlu dipahami dan diamalkan sebelum memulai belajar bahasa arab

  1. NIAT       Sebelum kita belajar bahasa arab niatkan lah belajar kita murni karena Allah SWT ,Untuk Allah SWT. agar dengan niat yang baik mudah-mudahan Allah SWT memudahkan kita dalam mempelajari bahasa Al-Qur’an, jangan sampai kita niat belajar bahasa arab cuma karena keinginan dunia belaka yang nantinya bisa merigikan diri kita sendiri. Nabi Muhammad SAW bersabda : انما الأعمال بالنيات, segala susuatu perbuatan itu tergantung niatnya.
  2. SABAR  Ada beberapa dalil di dalam Al Quran yang menganjurkan agar seseorang yang beriman memiliki sikap sabar. Dalil tersebut tertulis di dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 153, Al Baqarah ayat 155 dan Surat Al Anfal ayat 146, “Didalam hal ini Allah SWT menegaskan bahwasanya Allah akan bersama orang-orang yang sabar.

Kenapa sifat sabar sangat di perlukan bagi kita semua? karena di dalam kesabaran ada keindahan, didalam kesabaran ada kesuksesan, didalam kesabaran ada hasil yang akan kita panen yaitu kebahagiaan. Tekun dan bersabar disaat sedang menuntut ilmu” di era modren ini banyak diantara kita yang tidak mampu konsisten dengan 2 sifat tersebut, dan uniknya lagi para penuntuk ilmu selalu banyak alasan untuk bisa lolos dari sifat-sifat tersebut. Semoga sahabat Tidak Begitu ya…Aamiin

Apa itu bahasa Arab saung iqro?

Kursus bahasa arab Saung Iqro’ adalah wadah untuk belajar dan mempelajari bahasa arab dengan baik, baik itu melalui metode offline maupun online sesuai dengan apa yang telah kami sediakan.
Metode belajar yang kami gunakan adalah kami memiliki metode baru  untuk pembelajaran bahasa arab terutama bagi pemula. Tentunya metode yang kami sediakan ini telah dirangkum dari berbagai metode-metode yang ada dan ini yang akan membuat pembelajaran bahasa arab sahabat akan lebih mudah dan menyenangkan. dan metode ini sendiri telah banyak digunakan oleh pesantren-pesantren maupun prifat bahasa arab lain.

Bagi pemula bahasa arab atau nol dengan mengikuti belajar bahasa arab di saung iqro ‘ anda bisa belajar bahasa arab dengan waktu yang singkat dan efesien baik dari segi waktu maupun biaya.

sekertariat:

Untuk prifat bahasa arab offline alamat kami di @jl.pakgatot IV No.99G KPAD,Gegerkalog,kec.Sukasari,Kota Bandung
Untuk Prifat Bahasa Arab online  kita telah memanfaatkan teknologi yang ada, dan teknologi tersebut pastilah juga sudah sahabat gunakan seperti: pembelajarannya menggunakan media Online: Whatsapp, Google Duo, Hangout, ZOOM,dll.

daftar belajar bahasa arab

Bagaimana kelas Belajar bahasa Arab saung iqro?

Sistem belajara bahasa arab untuk offline maupun online terbagi menjadi beberapa kelas atau tingkatan
1. Kelas dasar (Mubtadi’)
2. Kelas Menengah
3. Kelas manhaji
4. Kelas mufrodat

1. KELAS DASAR (Mubtadi’)

Kelas tingkat dasar (Mubtadi’) di khususkan untuk pemula yang baru Mengenal atau belajar bahasa arab yang akan dibina dan dilatih untuk mengetahui qowaid (nahwu,shorof) Gramatika bahasa arab dasar  ,kemampuan membaca dasar, kemampuan menulis dasar  serta menghafal mufrodat (kosakata) keseharian.
baik kelas Online maupun Offline pertemuan kelas @ 2x dalam sepekan Dengan durasi @ 2 bulan

2. KELAS MENENGAH

Kelas yang di peruntukkan untuk yang sudah pernah belajar qowaid (nahwu,Shorof) dasar untuk meningkatkan kemampuan (upgrading) dalam hal qowaid(Gramatika bahasa Arab), dan juga di latih membaca ,menerjemah serta menganalisa teks-teks ber bahasa arab berharokat serta hafalan mufrodat (kosakata) keseharian dan mufrodat Al-Qur’an,di kelas ini juga akan belajar istima’ (mendengarkan) dan juga muhadatsah(berbicara).
baik kelas Online maupun Offline pertemuan kelas @ 2x dalam sepekan Dengan durasi @ 2 bulan

3. KELAS MANHAJI

Kelas bagi yang sudah memiliki dasar nahwu shorof yang kuat & sudah lancar dalam muhadatsah(berbicara) maumpun qiroah (membaca) yang akan dibimbing untuk lebih memaham qowaid tingkat lanjut dengan metode membaca menenjemah menganalisa kitab turots (kitab klasik) maupun kitab al-asry (modern) meliputi pengurain setiap kata dari tinjauan nahwu sharaf dan juga maknanya. dan juga ada hafalan 80% MUFRODAT Al-Qur’an dan juga praktek menganalisa ayat Al-Qur’an.
pertemuan kelas @ 2x dalam sepekan Dengan durasi @ 3 bulan

4. KELAS MUFRODAT

Allah berfirman yang artinya :

 “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!” (Qs. Al-Baqarah 2 : 31)

Di kelas ini khusus bagi yang ingin belajar mufrodat dan menghafalkannya saja Peserta akan mendapat 10 kosa kata (mufrodat) perhari. 300 kata selama sekitar sebulan.

Sebagai Informasi, Kartu Mufrodat bergambar (Flash Card) yang dipakai disini dibuat oleh Yayasan BISA.
Bagi yang tertarik untuk mempelajari ribuan kosa-kata bahasa arab secara bertahap dan juga menghafalkannya, silahkan bergabung di kelas ini.

belajar bahasa arab online

Tentunya untuk Prifat ini nanti’nya akan di buat group whatt App dan juga Telegram.

Apa output setelah belajar di saung iqro?

Setelah mengikuti pembelajaran di kelas saung iqro’ini maka peserta diharapkan :
Akan mampu utk merubah 1 kata kerja dalam bahasa arab menjadi 90 varian bentuk kata dengan makna yang berbeda-beda

  • Akan mempelajari sekian puluh sub-bab dalam ilmu Nahwu
  • Akan mempelajari sekian puluh sub-bab dalam ilmu Sharaf
  • Diharapkan selama belajar bisa menghafal beberapa ratus kosa kata bahasa arab.
  • Akan meningkat kemampuan dalam memahami & mentadabburi makna ayat-ayat Al-Qur’an & Hadits Nabawi.
  • Akan mampu menggunakan kamus bahasa arab (dengan mengetahui akar kata dari setiap kata kerja)
  • Setelah selesai mempelajari ilmu Shorof & Nahwu maka bisa langsung mengikuti program pembelajaran membaca kitab-kitab turats yg ada dberbagai tempat.
  • Menghemat tenaga, biaya dan waktu selama sekian bulan, (yg biasanya mesti ditempuh orang2 yg belajar ilmu nahwu dan shorof secara tahunan)

Apa saja materi pembelajaran di saung iqro?

ilmu shorof ilmu nahwu

MATERI ILMU NAHWU

Mukaddimah Ilmu Nahwu

Pengertian Isim dari (kata benda) , Fi’il yang berarti (kata kerja) & sedangkan Huruf yang berati (kata sambung)
Isim Makrifah memiliki (Makna khusus) & Isim Nakirah (Makna umum)
Isim Mudzakkar (Makna laki-laiki) & Isim Muannats (Makna perempuan)

JUMLAH (Kalimat)
Jumlah Ismiyah
Jumlah Fi’liyah
Syibhul Jumlah

I’ROB DAN BINA’

MACAM- MACAM ISIM YANG MABNIY

Isim dhamir (Kata ganti)
Isim Isyarah (Kata Tunjuk)
Isim Mausul (Kata Sambung)
Isim Istifham (Kata Tanya)
Isim Syarat (Kata Syarat)

MACAM- MACAM ISIM YANG MU’ROB

Mufrad (Makna Tunggal)
Mutsanna (Makna Ganda)
Jama’ mudzakkar salim (Jama’ Laki-laki)
Jama’ muannats salim (Jama’ Perempuan)
Jama’ taksir (Jama’ tak berarturan)
Asmaaul Khamsah (Isim- isim yang lima)
Isim Maqshur
Isim Manqush

MACAM- MACAM Fi’IL YANG MABNIY

MACAM- MACAM Fi’IL YANG MU’ROB

Adawatul Nashibah
Adawatul Jaazimah

MACAM-MACAM LAA

Laa Naahiyah
Laa Nafiyah
Laa Nafsil Jinsiyah

MACAM-MACAM LAM

Lam Harful Jar
Lam Kai
Lamul Amr
Lamul Juhud
Lam Taukid

MAJRURATUL ASMA

Huruf Jar
Huruf Qasam (Sumpah)
Al-Idhaafah

MARFU’ATUL ASMA

Faa’il
Naibul Fa’il
Al-Mubtada’
Khobar
Isim Kaana
Khobar Inna

MANSHUBATUL ASMA

Maf’ul Bih
maf’ul Fiihi (Zharaf)
maf’ul Liajlihi
Maf’ul Mutlaq
Maf’ul Ma’ah
Hal
At- Tamyiz

MAJZUMATUL AF’AL

Fi’il Mudhaari’ Al- Majzum

AT-TAWABI’

Na’at (sifat)
Athaf (Penyambung)
Taukid (Penguat arti)
Badal (pengganti)

**

MATERI ILMU SHOROF

Mukkadimah Ilmu Shorof
Bagan Ilmu Shorof

Tashrif Isthilahi
Tashrif Lughawi

Fi’il Madhi
Fi’il Mudhori
Fi’il Amr
Fi’il Nahyi
Mashdar
Isim Fa’il
Isim Maf’ul
Isim Dhomir

FI’IL TSULATSI MUJARROD
فَعَلَ – يَفْعُلُ
فَعَلَ – يَفْعِلُ
فَعَلَ – يَفْعَلُ
فَعِلَ – يَفْعَلُ
فَعُلَ – يَفْعُلُ
فَعِلَ – يَفْعِلُ

FI’IL TSULATSI MUJARROD
Ziyadah Biharfin
أَفْعَلَ – يُفْعِلُ
فَاعَلَ – يُفَاعِلُ
فَعَّلَ – يُفَعِّلُ

Ziyadah Biharafin
اِفْتَعَلَ – يَفْتَعِلُ
اِنْفَعَلَ – يَنْفَعِلُ
تَفَاعَلَ – يَتَفَاعَلُ
تَفَعَّلَ – يَتَفَعَّلُ
اِفْعَلَّ – يَفْعَلُّ

Ziyadah Bi tsalasati ahrufin
اِسْتَفْعَلَ – يَسْتَفْعِلُ
اِفْعَوْعَلَ – يَفْعَوْعِلُ
اِفْعَوَّلَ – يَفْعَوِّلُ
اِفْعَالَّ – يَفْعَالُّ

FI’IL RUBA’I MUJARROD

فَعْلَلَ – يُفَعْلِلُ
FI’IL RUBA’I MAZID
Ziyadah Biharfin
تَفَعْلَلَ – يَتَفَعْلَلُ

Ziyadah Biharfain
اِفْعَنْلَلَ – يَفْعَنْلِلُ
اِفْعَلَلَّ – يَفْعَلِلُّ

KA’IDAH I’LAL

FI’IL SHAHIH & MU’TAL
Fi’il Salim
Fi’il Mahmuz
Fi’il Mudhoaf

Fi’il Mitsal
Fi’il Ajwaf
Fi’il Naqish
FI’il Lafif

ISIM MASHDAR

ISIM NISBAT

ISIM TASGHIR

ISIM TAFDHIL

SHIGHAH MUBALAGHAH

ANWA’UL MAUDHU’IN

** Barakallahufikum

Belajar bahasa arab online

  1. kursus bahasa arab online bersertifikat
  2. guru bahasa arab online
  3. kursus bahasa arab online
  4. belajar bahasa arab mudah
  5. ujian bahasa arab online
  6. kuliah bahasa arab jarh jauh
  7. belajar bahasa arab pemula
  8. bahasa arab online
  9. metode belajar bahasa arab

 

Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Belajar Bahasa Arab Online.

Pelajari Bahasa Arab untuk memudahkan anda memahami dari bacaan Al-Qur’an atau kita yang mau ada pelajari dan tentu anda akan mudah berkomunikasi sangat bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

ingat !!!!!!!!!! kemahiran seseorang sebanding lurus dengan kualitas dan kuantitas latihan

PRIVAT BAHASA ARAB DI LAKUKAN SECARA ONLINE & OFFLINE

**** untuk konsultasi atau pendaftaran silahkan klik tombol berikut ini:

Ustadz Afwan M.PD

daftar kursus bahasa arab

Ustadz Alex SE

daftar kursus bahasa arab

Translate »
Scroll to Top